Jumat, 29 Januari 2016

Pakai Baskom Berisi Air, Mereka Nekat Melawan Larangan Melihat Gerhana 1983

Pakai Baskom Berisi Air, Mereka Nekat Melawan Larangan Melihat Gerhana 1983

Gencarnya imbauan pemerintah yang melarang menyaksikan langsung gerhana matahari 11 Juni 1983 ternyata tak bisa mematikan rasa penasaran. Bermodal alat seadanya, mereka menonton gerhana meski katanya bisa membutakan mata.

"Di dapur kami di kampung ada kolam air, lalu saya coba lihat lewat air itu, walaupun tetap dilarang oleh ayah saya," kata Sahrudin Tambunan dalam keterangannya tertulis kepada detikcom, Kamis (28/1/2016).

Sahrudin awalnya tidak berani melihat gerhana karena takut buta. Tapi akhirnya ia memberanikan diri melihat fenomena alam langka itu lewat pantulannya di kolam.

Sahrudin heran kenapa saat itu pemerintah melarang warga melihat gerhana. Padahal ia merasa gerhana tak perlu ditakuti karena salah satu bukti kuasa Tuhan. "Saya pikir imbauan untuk tidak melihat itu konyol, justru kita harus keluar, salat gerhana, mengagungkan Asma Tuhan," ucapnya.

Hadi, warga Bogor, juga keluar rumah saat gerhana. "Karena rasa penasaran, sebagian orang tetap berusaha untuk melihat kejadian tersebut dengan dua cara," kata Hadi.

Ada yang memakai kacamata hitam dan yang lainnya melihat ke pantulan matahari di baskom atau rantang yang diisi air yang, "Bisa dilihat dengan jelas gerhana mataharinya," kata Hadi.

Pengalaman yang sama juga diceritakan Pangkat, warga Gubug, Grobogan, Jawa Tengah. Ia tak mau menonton melalui siaran langsung gerhana di TVRI dan memilih menyaksikan gerhana matahari dengan matanya sendiri.

Pangkat memakai baskom air yang diisi serbuk arang dan air jernih. Ia juga memakai dua negatif film. "Saya sempat melihat saat indahnya sinar yang disebut korona sekeliling bulan pas menutup matahari. Sempat juga 1 menitan melihat dengan mata telanjang," ujarnya.

Pangkat mengingat saat itu dia yang masih SMP berani keluar rumah karena dia sudah tahu gerhana tidak membuat buta. Ia belajar cara melihat gerhana yang benar dari majalah dan buku Gerhana Matahari Total Tahun 1983.

Anda punya pengalaman saat momen gerhana matahari total tahun 1983 di daerah masing-masing. Silakan berbagi cerita ke redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor kontak Anda.

sumber : http://news.detik.com/berita/3130476/pakai-baskom-berisi-air-mereka-nekat-melawan-larangan-melihat-gerhana-1983 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar