Jumat, 29 Januari 2016

Gempa dan Malam Takbiran Mengapit Gerhana 1983

Gempa dan Malam Takbiran Mengapit Gerhana 1983

Gempa dan Malam Takbiran Mengapit Gerhana 1983 Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Gempa mengejutkan ratusan pengamat gerhana matahari total 11 Juni 1983 di Tanjung Kodok, Jawa Timur. Getaran gempa berkekuatan 5 skala Richter itu terasa di Tanjung Kodok.

Menurut catatan kantor Badan Meteorologi dan Geofisika di Tanjung Kodok, pusat gempa pada pukul 10.34 itu berada 250 kilometer dari lokasi pengamatan gerhana itu. Getaran gempa yang paling kuat terasa di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Sebenarnya gempa ini cuma kebetulan saja terjadi saat gerhana. Tapi tak sedikit yang bertanya-tanya adakah hubungan antara gempa dengan gerhana.

Sore hari usai gerhana matahari, masyarakat yang tadinya bersembunyi di rumah mulai keluar dan mempersiapkan datangnya bulan Ramadan. Departemen Agama ketika itu memutuskan 12 Juni 1983 sebagai 1 Ramadan 1403 H.

Namun karena ada imbauan dilarang keluar rumah saat gerhana, banyak tradisi menyambut bulan puasa di Jawa Tengah dan Yogyakarta dibatalkan. Seperti dilansir harian Suara Karya, acara tuguran yang jadi tradisi menyambut bulan puasa di Semarang pun sepi.

Tradisi padusan di Yogyakarta pun terhambat akibat jadi tempat-tempat yang akan jadi lokasi menjalankannya ditutup. Pemerintah daerah dan aparat keamanan Yogyakarta melarang masyarakat berkeliaran saat gerhana berlangsung.

Gerhana matahari total 1983 melintasi Pulau Jawa mulai dari Pagandaran, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan bergerak ke Sulawesi Selatan dan Seulawesi Tenggara, lalu ke sisi selatan Papua.

Gerhana matahari akan melintasi Indonesia lagi pada 9 Maret 2016. Kali ini Wilayah yang dilintasi adalah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara.

 
sumber : http://news.detik.com/berita/3130817/gempa-dan-malam-takbiran-mengapit-gerhana-1983

Tidak ada komentar:

Posting Komentar