Rabu, 03 Februari 2016

Pernah Lihat Pada 1983, Guru Ini Ajak Muridnya Tonton Gerhana 2016

 Abdul Aziz Gofur masih ingat kejadian saat masih duduk di kelas dua SMP. Saat itu ia masih tinggal di Karanggandul, Purwokerto, Jawa Tengah.

"Memang benar pemerintah saat itu gencar sekali mensosialisasikan jangan melihat langsung gerhana," kata Abdul kepada detikcom, Kamis (4/2/2016). "Peristiwa langka tersebut lebih baik disaksikan lewat televisi ataupun bayang-bayang di air."

Saat itu Abdul nekat keluar rumah melawan larangan pemerintah. Ia bercerita, saat gerhana total suasana hening dan dingin. "Ayam-ayam peliharaan kami berkumpul di depan pintu kandang seperti pada saat menjelang magrib, menyangka senja telah tiba," ujarnya.

Pengalaman tak terlupakan itu selalu ia ceritakan kepada murid-muridnya di SMK Al Amanah Setu, Tangerang Selatan, Banten. Menjelang gerhana matahari total 9 Maret 2016, Abdul mengajak murid-muridnya menyaksikan gerhana.

Guru agama Islam ini meyakinkan siswanya kalau melihat gerhana tidak akan membuat mata buta asalkan dengan cara yang benar. Gerhana matahari memang hanya bisa dilihat dengan mata telanjang saat mencapai totalitasnya atau surya tertutup bulan sepenuhnya. Selain saat itu maka harus memakai alat bantu seperti kacamata gerhana atau melihat bayangannya.

Baca juga: Begini Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total
http://news.detik.com/berita/3116542/begini-cara-aman-melihat-gerhana-matahari-total

Sering diceritakan pengalaman melihat gerhana 1983, murid-murid Abdul pun jadi penasaran. "Pak, gerhana tahun ini lewat daerah kita enggak?"kata Abdul menirukan ucapan muridnya.

Tahun ini gerhana matahari total memang tidak melintasi Tangerang Selatan. Namun daerah ini bisa melihat gerhana matahari sebagian. Jadi selama proses gerhana sebagian ini, mereka yang ingin menikmatinya harus memakai alat bantu melihat gerhana dari awal hingga selesai.

Anda punya pengalaman saat momen gerhana matahari total tahun 1983, 1988 dan 1995 di daerah masing-masing. Silakan berbagi cerita ke redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor kontak Anda.

Sumber : http://news.detik.com/berita/3134595/pernah-lihat-pada-1983-guru-ini-ajak-muridnya-tonton-gerhana-2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar