Jumat, 05 Februari 2016

Gerhana 1988 Disambut Muda-mudi Bangka dengan Berkemah di Pantai

Gerhana 1988 Disambut Muda-mudi Bangka dengan Berkemah di Pantai


Gerhana 1988 Disambut Muda-mudi Bangka dengan Berkemah di Pantai Foto: Ilustrasi: Bagus Setyo Nugroho
Jakarta - Gerhana matahari total melintas di Bangka pada 18 Maret 1988. Remaja setempat memilih menyambutnya dengan berkemah di Pantai Penyak.

Kesan gerhana matahari sebagai fenomena alam yang menakutkan tak terlihat di pantai ini. Muda-mudi seolah merayakan datangnya gerhana dengan menginap sejak semalam sebelumnya.

Malam itu mereka berkerumum di sepanjang jalan raya di daerah Pantai Penyak. "Banyaknya remaja itu memberikan kesan ini acara bukan yang berbau ilmiah tetapi kayak pesta," kata seorang peneliti LIPI dari Jakarta kala itu sepeti dilansir Antara.

Sekitar pukul 06.25 WIB, matahari muncul dari balik awan tebal. Perlahan bulan bergerak menutupinya.

Lewat pengeras suara, aparat pemerintahan setempat langsung memperingatkan para remaja itu. "Pakai filter!" kata seorang panitia gerhana mengingatkan berulang kali.

Gerhana 1988 ini dimualai dari Samudera Hindia, melintasi Sumatera, Kalimantan, lalu bergerak ke Samudera Pasifik. Gerhana berakhit di Pulau Aleut, Alaska, Amerika Serikat.

Kemeriahan menyambut gerhana ini diharapkan juga terulang ketika melintasi lagi daerah Provinsi Kepulauan Bangka dan Belitung pada 9 Maret 2016. Pemprov menyiapkan acara Ultra Beach Run, Belitung Photography Trip, karnaval budaya, dan tari kolosal.

Kementerian Pariwisata menargetkan ada lima juta wisatawan lokal menikmati gerhana di titik yang dilintasi gerhana matahari total seperti Provinsi Bangka Belitung. Lewat promosi sejak dua tahun lalu, turis Asing juga diharapkan mencapai 100 ribu orang
sumber : http://news.detik.com/berita/3136431/gerhana-1988-disambut-muda-mudi-bangka-dengan-berkemah-di-pantai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar